“SI GOGOR”, itulah maskot dari Kabupaten Bojonegoro. Spirit Go Bojonegoro itulah makna dari kata Si Gogor, spirit yang selalu muda seperti gogor yang berarti anak macan. Si Gogor juga melambangkan semangat muda yang tak pernah padam dan selalu tersenyum dalam kondisi apapun, sama dengan ciri khas Wong Jonegoro. Selain itu, juga terinspirasi dari bentuk celengan khas Bojonegoro dari Desa Rendeng Kecamatan Malo. Dimasa keemasan celengan ini ditahun 1980 an demikian melegenda dan banyak diminati warga pada zaman itu.Kini si Gogor didaulat menjadi maskot Kabupaten Bojonegoro yang diharapkan akan menjadi ikonik yang memiliki daya tarik tersendiri.

Launching Si Gogor sebagai maskot Bojonegoro di Halaman Gedung Pusat Pengembangan Industri Kreatif Jalan Veteran Bojonegoro pada Sabtu, 21 Oktober 2017. Ini merupakan salah satu wujud tekad pemerintah Kabupaten Bojonegoro untuk menggerakkan sektor wisata, ekonomi kreatif dan sektor lainnya.

Menurut Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Bojonegoro, Agus Supriyanto selain launching maskot juga digelar pameran bertajuk Jonegoro Creatif Fair (JCF) yang diikuti oleh pelaku UMKM diwilayah Bojonegoro mulai makanan minuman dan aneka produk olahan. "Pelaku industri kreatif Bojonegoro menemukan arwahnya sehingga akan menjadi quantum kebangkitan industri kreatif di Bojonegoro," jelasnya.

Launching Si Gogor sekaligus pembukaan Jonegoroan Creatif Fair (JCF) 2017 dilakukan oleh Bupati Bojonegoro, Suyoto.  Dalam sambutannya, Kang Yoto (Sapaan Akrab Bupati Bojonegoro Suyoto) menyampaikan lima tahun lalu orang Bojonegoro mendengar kata kreatif itu minder. Lalu ketika bicara tentang kreatif langsung ngeri dan menganggap hal yang tidak menghasilkan apa-apa. "Namun didukung berbagai pihak, dimulai rintisan anak muda dan Dekranasda kemudian bertemu IKKON Bekraf sehingga menemukan ide yang kreatif dan luar biasa,"imbuhnya. Kini ketika berkumpul semua mulai menemukan ide-ide kreatif membangun Bojonegoro dalam berbagai sisi. Ide kratifitas lambat laun menjadi makin cerdas. Kedepan diharapkan Bojonegoro dapat menjadi daerah yang semakin besar dengan sektor industri kreatif sebagai unggulannya.

 


By Admin
Dibuat tanggal 23-10-2017
1111 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
32 %
Puas
11 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
57 %