Pemerintah Kabupaten Bojonegoro (Pemkab) melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja melaksanakan Pelatihan ketrampilan kerja kejuruan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan Tata boga bagi buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok di Kecamatan Padangan, Senin (24/7/2023).

Dalam sambutanya, Bupati Anna Mu’awamah menyampaikan hal ini merupakan upaya Pemerintah didalam mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Bojonegoro, dan berharap setelah dilaksanakanya pelatihan ini diharapkan para peserta pelatihan bisa membuka lowongan pekerjaan.

“Yang tataboga misalnya bisa buka peluang usaha dua atau tiga orang misal, dari tetangga sekitar,”ungkapnya.

Tidak hanya tataboga, Disnaker Bojonegoro juga sudah banyak membuka pelatihan-pelatihan ketrampilan dibidang lain. Hal tersebut sebagai upaya pengurangan pengangguran dan memenuhi kebutuihan masyarakat disektor ekonomi. Dalam hal ini tidak hanya belajar membuat kue tapi juga belajar memanage sebuah peluang dan kesempatan.

“Hari ini saya doakan bisa menjadi wirausahawan tataboga. Setelah mengikuti pelatihan ini semua bisa meningkatkan kemampuanya,”tandasnya.

Sementara itu, Kepala Disperinaker Welly Fitrama menyampaikan  Tujuan diadakanya pelatihan ini diantaranya adalah meningkatkan keterampilan dan kompetensi kerja bagi buruh tani tembakau dan Buruh Pabrik rokok, Menciptakan perluasan kesempatan kerja dan kesempatan berusaha/usaha mandiri.

“Selain itu juga bertujuan meningkatkan pendapatan dan taraf hidup masyarakat buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok,”tegasnya.

Lebih lanjut, Peserta Pelatihan adalah buruh pabrik rokok yang ada di Kabupaten Bojoinegoro sejumlah 20 orang, juga buruh tani tembakau dari Desa Ngeper Kecamatan Padangan sejumlah 20 orang.

Untuk Instruktur kegiatan ini pada Pelatihan K3 diantaranya Natalia Maharani, (Sub Koordinator Kerjasama dan  Pengembangan); Santi Oktaviani (Widyaiswara Ahli Muda); Parnoto (Instruktur Ahli Muda).

Sementara Instruktur pelatihan Tata Boga diantaranya Nita Sulistyaningsih (Asosiasi Pengusaha Makanan Minuman dan Industri Kreatif); dan Mulyadi (Owner Rumah makan hijau daun jaya dander Bojonegoro, Ex Chef Dewarna Hotel)

“Untuk Pelatihan kejuruan K3 dilaksanakan selama 10 hari yaitu tanggal 24 Juli sampai dengan 04 Agustus 2023 (dikarenakan terdapat uji sertifikasi kompetensi) berlokasi di PPSDM Migas Cepu. Untuk kejuruan Tata boga selama 6 hari tanggal 24 sampai dengan 29 Juli 2023 berlokasi di Desa Ngeper Kecamatan Padangan,”pungkas Kepala Disnaker.

#bojonegoroenergik
#bojonegoroproduktif


By Admin
Dibuat tanggal 08-08-2023
194 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
32 %
Puas
11 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
57 %